Tentang Penulis

life is hope

life is hope

           Aku lahir di desa Kapasan, Gumawang, Belitang, BK X, Kab. Ogan Komering Ulu. Desa itu hanya menjadi tempatku lahir ke dunia. Dibesarkan oleh Bapak yang seorang guru SD, penuh disiplin, keras dan hidup dalam kesederhanaan di Air Gading, Baturaja, Sumatra Selatan. Didikan semacam itulah yang membimbingku hingga keadaanku sekarang. Sekolah dasar kulewati bersama Bapak-ku di SD. Xaverius II, di desa tempat kami tinggal. Lanjut ke SMP Xaverius Baturaja, Pusar pinggir sungai Ogan tempat kami mandi dan belajar berenang saat airnya jernih di musim kemarau. Lulus dari SMAN. I Baturaja tahun 1984, Baturaja kotaku dibesarkan kutinggalkan hingga kini.

          Pengembangan diri dalam berorganisasi dan menerima transfer budaya banyak diperoleh semasa belajar di UKSW., dalam kurun waktu 4 tahun. Sejak semester ke dua tahun pertama 1985, aku membiayai hidup dan studi dari beasiswa yang kuterima dari kampus, donatur dari Australia dan yayasan Xaverius pusat Palembang. Orangtuaku yang menanggung anak banyak memfokuskan alokasi beaya untuk adik-adik. Pernah mengikuti program pertukaran mahasiswa pada EASE’87 dengan Kwansei Gakuin University di Nishinomiya, Japan. Pernah pula mengikuti program pertukaran Budaya dan Bahasa Australia di kampus Salatiga. Melanjutkan belajar di Universitas Tsukuba, Japan dengan fasilitas beasiswa Monbusho pada tahun 1998 sampai tahun 2000, mengambil studi Managemen Pendidikan.

Portsite, Mimika, Papua          Pengalaman bekerja di bidang pendidikan di awali mengajar di SMA. Xaverius 1, Bangau Palembang tahun 1989-1990 mengajar bidang studi Sejarah, Sosiologi. Pindah ke SMA Kanisius Kudus tahun 1990 – 1991 mengajar Sosiologi, Antropologi dan Sejarah. Bergabung dengan SMA Petra 1 Surabaya tahun 1991 – 1998, mengajar Sosiologi, Antropologi dan Sejarah. Di sekolah ini sempat menduduki asistant bidang Kesiswaan serta Ketua MGMP. Sosiologi dan Antropologi Sekolah Petra se Surabaya. Sepulang studi dari Tsukuba tahun 2000, mengajar di SMA. St. louis Semarang sampai tahun 2003. Mengajar di SMA. Karangturi dari tahun 2003 – 2005, sambil sore harinya mengajar pada beberapa Perguruan Tinggi seperti Universitas Dian Nuswantoro, Akademi Bahasa Asing IEC, dan Akademi Sekretaris & Managemen (Asekma St. Anna), sebagai pengampu mata kuliah Kewiraan, Pancasila, Sosiologi Politik, Manusia dan Kebudayaan Indonesia, serta Bahasa Jepang. Pernah bekerja pada Yayasan Pendidikan Jayawijaya (Milik PT. Freeport Indonesia), mengajar IPS pada SD-YPJ-Kuala Kencana (2005-2011), Mimika, Papua. Kini menjadi Pengampu Mata Kuliah SOSIOLOGI POLITIK di Fak. Ekonomi Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Sambil melanjutkan studi S-2 Magister Managemen di Program Pasca Sarjana Udinus serta usaha Warung Tenda (Ikan, Bebek, Ayam Goreng/Bakar) Kencanasari http://sarikencana.wordpress.com/ di Ngesrep, Tembalang.

          Kegemaran, olah raga badminton, membaca, menulis dan mengembara. Mimpi yang belum terwujud adalah hidup mandiri, punya usaha sendiri, tanpa bekerja dibawah orang lain. Bekerja bebas, hidup bebas dengan bebas dari uang dan utang ………. entah kapan …….. sekarang sedang dirintis.

Alamat korespondensi: ardywidyarso@yahoo.com

Tentang frase

Memayu Hayuning Bawono

求める救い、幸福、福祉の世界で生活するため

Yang dipilih sebagai judul Web Blog

Pemahaman frase Memayu Hayuning Bawono yang diletakkan sebagai judul web blog ini mengacu pada pemahaman pengertian yang di tulis oleh DR. Budya Pradipta.  Frase tersebut pernah juga disampaikan beliau di Global Summit (Pertemuan Puncak Dunia) sebagai agenda for Action bagi United Religions Inisiative, kata Memayu berasal dari kata hayu (cantik, indah atau selamat) dengan mendapat awalan ma menjadi mamayu (mempercantik, memperindah atau meningkatkan keselamatan) yang diucapkan sering-sering sebagai memayu.

Kata Hayuning berasal dari kata hayu dengan mendapatkan kata ganti kepunyaan ning (nya) yg diartikan cantiknya indahnya atau selamatnya (keselamatannya) terjemahan bebasnya dari memayu hayuning: mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan.

Sedangkan kata Bawono berarti dunia dalam pengertian dunia batin, jiwa atau rohani. Dalam pengertian lahiriah ragawi, atau jasmaniahnya dipergunakan kata buwono yang berati dunia dalam arti fisik. Bawono terdiri dari tiga macam arti dan makna yaitu:

Bawono Alit (kecil) yg bermakna pribadi dan keluarga
Bawono Agung (besar) yg berati masyarakat, bangsa, negara dan international (global)
Bawono Langgeng (abadi) adalah alam akhirat

Secara keseluruhan terjemahan bebas dari Memayu Hayuning Bawono adalah mengusahakan (mengupayakan) Keselamatan, Kebahagiaan, dan Kesejahterann Hidup di Dunia. Sepi ing pamrih, Memayu Hayunig Bawono (credo) Sepi ing pamrih rame ing gawe, Sastro Cetho Harjendro Hayuning.

          Ada juga pihak yang menterjemahkan pengertian Memayu Hayuning Bawana ini menegaskan bahwa segenap tubuh manusia (kita) di dalam jiwa dan tubuh jasmaninya saling berhubungan dan berkaitan secara seimbang dengan energi alam semesta yang membawa energi hawa dengan nafsu yang ada di jiwa kita, yang keduanya tidak bisa dipisahkan.

Sumonggo sami ‘Memayu Hayuning Bawono’ kersanipun saget angsal katentreman lan gesang langgeng.

Responses

  1. Very good

    Thank you Sir !
    Ardy

  2. Pak guruuuuuuuuuuuuuuuu…I love youuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    HIDUP CHELSEAAAAAAAAA

    Chelsea udah kalah….
    Sabar ya ….
    He…he…

  3. terimakasih diberi kesempatan membuka imel nya pak Guru…………
    Websitenya okke banget…
    ternyata pak Guru dari Sum sel ya…saya juga ada darah Belitung nya pal (kep Babel, dulu masuk Sumsel-red)..dan ternyata sudah bolak balik ke Jepang hingga Aussie…wuah, hebat benerr…..semoga sukses semuanya ya pak…..kapan sepedaan lagi………

    Pak Guru kami, sang pekerja keras, dan berdedikasi tinggi, pencinta budaya dan olah raga…thanks for the inspiration!!!

    cheers
    nirmala/potato member

    Dokter Nirmala,
    Terima kasih telah berkunjung ke dunia mayaku.
    Kasih kritik donk ! atau masukan buat memperbaiki web blog ini ?
    Kapan kita sepedaan lagi bersama rekan-rekan ?
    Selamat bekerja dok !

  4. Pak Guru nanti saya diajari cara membuat web yang bagus ya…
    Jangan lupa kalau pak cuti nanti mampir ke sukoharjo

    Salam,
    Subroto

    Dokter Broto,
    Cuti kemarin aku hubungi beberapa kali kog nnggak nyambung ya ?
    By the Way …. Selamat atas kelahiran putranya ya Dok ! Sekarang to be the real father nich !
    Aku sempat lewat Sukoharjo, tapi belum sempat mampir Dok. Sebab Dokter masih sibuk dengan anugerah yang baru dari Allah SWT.
    Provisiat !

  5. halo mas Ardy. Perkenalkan nama saya Aswandi saya juga lulusan smp Xaverius yang dekat sungai Ogan, kebetulan saya lihat profil mas Ardy dari Alumni Baturaja.
    Ternyata mas Ardy juga sempat di Tsukuba daigaku, saya senang sekali bisa berkenalan dengan mas Ardy.

    Aswandi

    Mas Aswandi,
    Salam kenal juga. Terima kasih telah mampir di sini.
    Salam buat semua alumni Baturaja, utamanya dari SMP Xaverius Baturaja.
    Keep in touch !
    Ardy

  6. Bravo…Prima
    Semakin hebat aja bapak satu ini, makin sakti setelah keluar dari Petra surabaya. Web-nya asik, cerita n fotonya menarik. Pengen aku jg bisa bikin…..
    salam….

    Widhie….
    Mantan murid paling item n duablek di Petra 1

    Widhie,
    Teruslah berusaha untuk bisa ….. karena setiap kita pasti bisa jika berusaha.
    Salam buat rekan-rekan guru di SMA Petra 1 Surabaya …. Hidup Petra !!
    Terima kasih.

  7. halo pak
    still remember me u r ex student at karangturi
    last time dulu kelas 1 a deh.
    long time no see yah.
    how’s life anyway hahahaha i reread ur web and ur writen
    hahaha
    as i guess that u re talented in writting word
    so whre are u now sir
    i just wonderin’ about ur location
    in ur web space u wrote that u re in papua but u re still reported about another school in semarang
    hahahhaha

    thanks
    gbu

  8. Salam pak Ardy, kepala sekolah kami adalah Bruder (bukan Frater) yang termasuk dalam komunitas FIC. Beliau adalah Br. Frans D. Atmadja, S.Pd., M.Pd. Saya sendiri menggawangi multimedia. Apakah putra Bapak Yohanes Baptista Ardy Putra Purnama (Pratama??). kalau betul kelas X 4 dan wali kelasnya Bu Tuti (guru Biologi).

    Mas Nugroho,
    Terima kasih informasi dan ralatnya.
    Benar ! Anak saya YB. Ardy Putra Purnama Pratama. Sampaikan salam buat Bu Tuti.
    Terima kasih atas concern anda.
    Salam

  9. pak…..
    mantap sudah blog-nya…..
    good luck sir

    dodo
    hehehehe

    Do,
    Terima kasih sudah berkunjung dan membaca web blog ini.
    Coba kamu juga buat dech. Ntar P’ Guru lihat …. okey ………?
    Tetap semangat dan jangan lupa belajar ya…..
    Ardy.

  10. Trim’s, pak guru Ardy telah singgah ke blog kami di Simo Boyolali. Salam kenal, ternyata kita sama-sama pak guru. Pak guru sejarah, sosiologi dan antropologi ketemu dengan guru kimia. Selamat berjuang.

    Wah ….
    Senang bertemu dengan rekan seprofesi dan sak ndeso ……
    Saya asli ndeso Sumatra Mas, dan sering main ke Boyolali kalo pas cuti ….
    Kakak ipar guru di SMPN. 1 Boyolali (guru olah raga)
    Selamat berjuang untuk bidang kimia-nya….
    Ardy

  11. HAHAHA !!! Pak guru e…

    sa cma mau tes saja !!! !!! !!! !!!

    pak gru, nanti sa ke ruang pk gru e ?
    pak gru tdk mengajar to..

    sa pnya weblog msh kacau balau.
    cma sdkt saja yg sa sdh rubah.

    bntng

    Bintang,
    Teruslah menulis dan berkreasi….
    Kamu tinggal meneruskan kreasi-kreasi dan so pasti ke depannya baik.
    Cobalah terus …. p’ guru memantau karya-karya semua siswanya. oke…. do the best !
    Selamat belajar

  12. Pak Ardy, selamat. Web-nya sudah semakin ramai dikunjungi. Semoga bisa terus memberikan inspirasi, argumentasi, ide-ide cemerlang yang sangat bermanfaat bagi para pembaca. Be, do and give the best. Thank’s.

    Mr. Jance Kemur,
    Thanks for given your comment on my blog.
    I hope that yours will running well and get beter.
    Regard

  13. iki cool!

    cogito ergo sum!
    pak, ksh tau moto2 lain dlm bhs yunani dong! ntar pas sekolah sy ambil, pak, oke! buat taro di buku tahunan gitu lho pak!
    hha.

    tengkyu sir! c u nekst taim .

    Put,
    Thank you for visiting my web ….
    Hopefully that you ‘ll follow the step to make your own.
    Ardy

  14. pak , kok di blogroll tidak ada sa dengan yang lain

  15. waduh…ndak nglawan deh web blogmu…tulisanmu banyak sekali, kelihatan memang pemikir yang berjalan…
    aku belum banyak baca tulisanmu, tetapi dari tampilan dan topik2nya..terlihat oke dan segar…nanti kalau aku dah betah online dengan speedyku..nanti kusaingi web blogmu om….he..he..

    Sooner will be better !

  16. Maaf pak. ikut kenalan sekalian promosi.
    Perkenalkan kami dari PT. Software Farmer Indonesia yang bergerak di bidang Pemasaran dan Implementasi untuk Produk dan Jasa Software berbasis Data Capturing & Document Management System.

    Salah satu produk kami adalah smartmarkreader (SMR), software untuk desain dan koreksi LJK. Sudah terbukti untuk UAN, UASBN Jatim dan ujian yang lain.

    Salam kami,

    Arif Darmawan
    Customer Service Manager
    PT. Software Farmer Indonesia
    http://smartmarkreader.com
    email:newrocknese@yahoo.com

    Pak Arif Darmawan,
    Terima kasih sudi berkunjung ke web ini.
    Saya akan hubungi pak Arif jika di Timika ada lembaga atau sekolah yang mencari produk Bapak.
    Di sekolah kami kebetulan produk tersebut sudah ada.
    Selamat bekerja Pak,

    Ardy

  17. guuttt alias hebring kang mas….

    Kalau pak guru punya obsesi untuk Mandiri….saya juga begitu…tapi harus belajar keras ke pak guru deh cara buat webnya…

    Ada bukunya ka? maklum nih, dari dulu saya termasuk dalam kategori GAPTEK….jadi belajarnya kalau terpaksa…Nah, sekarang nampaknya sudah terpaksa (walaupun sangat terlambat)….Jadi ajarin saya dong pak guru hehehehe….maksa ya murid yang satu ini..

    Sukses selalu ya!

    Guuutt ……
    Aja juga kemaoan buat belajar lagi…….’never too old to learn’ akang !
    “Long life education” atuh….. ane siapkan waktunya…..
    ente siapkan watu, tempat dan camilannya yach !
    Ditunggu khabarnya……….:) ?
    Ardy

  18. halo pak ardi, selamat siang, apa kabarnya
    trimakasih atas komentar di blog, maaf webnya sedes baru di bangun ulang, sementara masih pakai blog pribadi (blajaran)..
    apa betul pak ardi ini kenal dengan bu tanti
    saya satu kantor dengan beliau, trims

    Hallo juga pak Totok,
    Senang berkenalan dengan Bapak.
    Terima kasih telah berkunjung ke Web Blog saya dan meninggalkan comment.
    Benar, Bu Tanty guru bahasa daerah SMP Maria Mediatrix dan SMA Sedes Sapientiae adalah mantan pacar saya (baca: Istri) Untuk “dunia maya’-nya teruskan pak …..
    Saya pantau dari ‘tengah alas’ Papua.
    Salam kembali.
    Ardy

  19. selamat siang pak ardi, terima kasih atas komentarnya di blog, mohon maaf web sedes baru dibangun ulang, sementara ya pakai blog dulu (baru belajar) jadi ya belum sebagus dan sekomplit punya pak ardi, sekalian mau tanya bu tanti yang dimaksud apa ada hubungannya dengan pak ardi, kalau ya beliau satu kantor dengan saya, beliaunya baik dalam mengajar (menguasai betul)..
    web ini apa juga pakai blog pak ardi (kok mirip) cuma hilang header blognya saja ( kalo boleh tanya caranya bagaimana ya)
    terima kasih, salam dari semarang

    Pak Totok,
    Salam kembali dari Kuala Kencana, Papua.
    Salam buat semua rekan guru di SMA. Sedes.
    Bu Tanty sangat dekat dengan saya …………………….he…he…he….
    Suwun….
    Ardy

  20. Pak Ardy,

    Setelah membaca tentang latar belakang bapak, saya jadi pengen bertanya sedikit. Mohon maaf sebelumnya bila salah kata. Apakah ayahanda dari Bapak juga bernama Pak Ardy yang juga guru di SD Xaverius II Baturaja?

    Mas Dony,
    Lengkapnya ayah saya K. Ardy Hs. (almarhum). Beliau semasa hidup menjadi Guru SD. Xaverius Air Gading, Baturaja, Sumatra Selatan. Beliau telah tiada karena kecelakaan di Jumat siang tertabrak truk gandeng bermuatan sepeda motor di daerah Kemalaraja, arah ke Martapura.
    Saya putra pertamanya Mas. Jika saya boleh kenal siapakah anda ?
    Dengan senang hati saya berkorespondensi dengan anda.
    Salam dari Papua.
    Ardy

  21. Mas Wiwid,

    Panggilnya Mas Wiwid aja ya.. biar ndak bingung dengan Pak Ardy ayahanda Mas, juga dengan Ardy / Godot adiknya mas.

    Saya merupakan salah satu alumni SD Xaverius 2, Air Gading, dan sempat menikmati didikan Pak Ardy. Meski sudah terlambat perkenankanlah saya mengucapkan rasa bela sungkawa.

    Saya satu angkatan (satu kelas malahan) dengan Godot. Sudah semenjak lulus SD tahun 84 belum sempat ketemu lagi dengan Godot.

    Kalo dilihat dari tahun lulus SMA (1984), Mas Wid ini sepertinya satu angkatan dengan kakak saya Sonny, yang juga lulusan SD Xaverius Air Gading.

    Salam dari Perth
    Dony

    Mas Dony,
    Anda mengetahui banyak tentang kami (saya), terima kasih telah menyapa.
    Sonny memang teman saya SD yang terpandai ketika itu. Sejak SD dia sudah memakai kaca mata dengan perawakan kurus, pembawaan yang tenang. I miss him !
    Boleh saya tau dimana, dan kemana saya bisa kontak dia ? Jika adik tidak keberatan tolong e-mail ke ardywidyarso@yahoo.com alamat, e-mail atau nomor HP-nya Sonny. Apakah masih ada keluarga di Baturaja ? Kapan akan pulang kampung lagi ? Tidakkah sejauh Bangau terbang akan menginjakkan kakinya ke lumpur lagi ? Ada salam dari Godot buat anda di Perth. Salam hangat saya dan keluarga buat keluarga anda di Perth. Semoga kebahagiaan senantiasa meliputi keluarga anda. Amin.
    Ardy

  22. Salam Pak…

    Boleh saya minta sedikit info dari bapak? barangkali bapak bisa membantu saya.
    Apakah di Timika/Kuala Kencana ada fasilitias terapi untuk anak Autis? Bagaimana dengan sekolahnya? Apakah YPJ atau sekolah lain (tingkat TK dan SD) di Timika/Kuala Kencana bisa menerima murid yang didiagnosa Autis/ASD/ADHD?

    Persahaan tempat saya bekerja berencana memindahkan saya ke Kuala Kencana/Timika. Sedangkan anak saya didiagnosa MSDD (Multy system defeciency disorder – semacam Autis). Saya memerlukan info diatas sebagai bahan pertimbangan saya untuk menerima penugasan di sana.

    Terima kasih atas informasinya.

    Salam,
    Abin

    Pak Abin,
    Informasi yang saya punya di Kuala Kencana maupun Timika belum ada sekolah khusus yang menangani anak dengan ASD / ADHD (autis). Sampai hari ini YPJ tempat saya mengajar sebagai sekolah milik PT. Freeport juga tidak/belum menyediakan fasilitas khusus untuk hal tsb. Jika Bapak bermaksud untuk pindah dan bekerja di Timika tentu perlu mempertimbangkan segala aspek, utamanya bagi pendidikan ananda. Sebagai perbandingan bahwa saya bekerja di Timika, namun tetap memberikan kesempatan belajar bagi putra-putri saya di Semarang bersama ibunya.
    Semoga informasi ini bermanfaat untuk Bapak.
    Terima kasih telah berkunjung ke site ini,
    Salam,
    Ardy

  23. Gimana kabar pak Ardi? gak mampir ke sidoarjo ta? Budiono kangen he….. oleh-olehe. ini aku istrine budiono. Desember pasti pulang kan? salam buat ARDY-2 YANG LAIN. Kita lama ya g reuni…….. sukses dan semakin monce……r! Gbu.

    Khabar baik-baik.
    Desember pulang sebentar dan bawa anak istri dolan ke Papua 2 mingguan …. biar ngeliat alas gung lewang-lewung.
    Reuni rencanakan sudah…. kita menanti saja. Salam buat sedulurku Guru Bahasa Inggris cewek di sekolahmu (adik ipar) Sukses juga buat Nuke dan Budiyono.
    Ardy

  24. Salam kenal Pak Ardy.
    Wah blog anda bagus nih. Banyak yang bisa saya curi dan bawa dari blog anda, tapi Pak Ardy gak kehilangan kan. Ditunggu kunjungan di blogku. Salam (alris)

    Mas Alris,
    Terima kasih apresiasinya.
    Silahkan ambil tanpa harus sungkan “just feeling good” ……
    Memang web blog dibuat untuk syaring dengan sesama semua bloger.
    Salamkenal kembali and “keepin touch”
    Ardy

  25. Membaca story pengabdian bapak yang satu ini. kayaknya pas jadi figur alumni of the month

    Ha…ha…ha…..
    Donat mana ada yang ggak bolonk …… di usulkan saja buat dapet kalpataru …..
    Thanks atas komentarnya ya. Nice Chat last minutte ago…..
    Ardy

  26. Pak, Saya kagum setelah baca profile bapak dan kalau ada lowongan jadi guru bahasa inggris di Yayasan Bapak, tolong informasikan, thx a lot

    Mas Aqli
    Saya hanya seorang guru SD.
    Sampai kini belum banyak berbuat untuk sesama…..
    Terima kasih atas atensi anda. Coba saja anda buka di: http://www.ptfi.co.id
    Ardy

  27. wesss,
    mantap aleee
    pak guru kerasss

    kevin

    Apanya yang mantap Kevin ?

  28. ok mas ardy selamat atas prestasi yang anda capai. saya inget anda sekitar 1984-1986. terus berjuang untuk manusia.

    At last ….. you are come …… to my web.
    Terima kasih mas Tri ….. salam buat keluarga, kawan-kawan, para dosen kita yang hebat-hebat.

  29. pak guru punya viewer banyak skali…
    pak guru bikin ini berapa lama??????
    sa juga mau ale….(*_*)

    Just searching on your comp …… use google …. etc.
    and …. do trial and error ….. then you will learn much by doing !
    Your SS teacher

  30. Daddyyyyyyyy…missss uuuuuu.Daddy…oke banget dech web-nya..makin keren,makin rame..Ternyata tulisan itu menggambarkan karakter seseorang yach….hehe, Sebenarnya dari sebuah tulisan kita juga dapat menilai isi pikiran seseorang…hehe…ternyata daddy sooooo geniussssss….salam buat papau…PAPUA wait me, i’ll come …….

    Thanks to my lovely daughter.
    Kita dapat mengenal seseorang dari tulisan-tulisannya………………………..
    So …. “iqra” …… (bacalah)
    Your Dad.

  31. Keren banget tuh websitenya Pak Guru…
    balik dari papua bisa jadi web master tuh pak..

    btw, salam tuk smua temen yang disana ya…

    Thanks kunjungannya ya…..
    Salam sukses selalu dan salam sudah tersampaikan.
    Ardy

  32. Wah , dihitung-hitung kita ga ketemu sudah luama .Anda sudah melanglang buana dan aku masih di petra. Sukses ya, aku senang punya kawan yang cerdas dan berani seperti anda.

    Weee Lha dha laa……kepanggih priyayi Solo…. piye khabare ? Saya masih jadi guru …… Guru SD di Papua,neng tengah alas gung lewang lewung. Saya keluar dari Petra sejak tahun 1998….semoga Petra semakin baik. Salam buat suami dan anak-anakmu. Terima kasih sudah berkunjung ke web blog ini.
    Salam buat teman-teman di Surabaya dan sukses selalu.
    Ardy

  33. Salam kenal Pak Ardy.

    Pengabdian pak Ardy luar biasa ya pak, saya kagum sukses selalu untuk bapak.

    saya ini lulusan d-3 mnjm perdagangan , sewaktu saya menganggur saya terpaksa mengisi hari-hari saya dengan kegiatan yg sama sekali tidak pernah saya suka yaitu MENGAJAR les 2 anak sd di sekitar lingkungan tempat tinggal saya atas permintaan orang tua mereka. Lama kelamaan saya menikmati bahkan mencintai kegiatan tersebut padahal saya sekarang sudah mendapatkan pekerjaan tapi bukan di bidang pendidikan. Sepulang kerja saya pasti mengajar, sampai sekarang kurang lebih 2 tahun saya sudah mempunyai 10 orang murid sd yang mempunyai tantangan berbeda setiap anak. Saya merasa menikmati sekali ketika saya mengajar dan ini tidak saya dapatkan dipekerjaan saya sekarang meski saya punya penghasilan yang lebih di banding saya mengajar. Maka saya pun ingin menjadi seorang guru sd pak , saya sudah coba menanyakan di UNJ tapi jawaban sangat mengecewakan dan lagi program AKTA sudah di hapuskan. Saya harus lewat jalan mana lagi pak agar saya bisa menjadi guru tanpa harus saya mengulang kuliah lagi dari semester satu kalau memang itu jalan satu-satu nya biaya pasti sangat besar dan makan waktu yang sangat lama, menjadi guru formal sekolah dasar sekarang yang amat saya inginkan.

    Besar harapan saya bapak bisa menjawab dan memeberi solusi apa yang harus saya lakukan,

    Terimakasih sebelum dan sesudahnya atas perhatian pak Ardy yg menyempatkan waktu membaca komentar saya.

    Sukses selalu untuk bapak.

    Mas/Mbak Eka Budiasih,
    Program akta masih diselenggarakan di beberapa perguruan tinggi di Jawa. Misalnya di UNES Semarang. Silahkan coba menghubungi ke kampus tersebut untuk memastikannya. Sambil berjalan coba pula untuk melamar menjadi guru formal pada suatu yayasan atau jika ada lowongan PNS. Ketika anda mendapat tanggungjawab mengajar lebih dari 24 jam per minggu maka anda berhak menerima NUPTK dari pemerintah, dan berhak untuk di-ikutkan sertifikasi pendidik jika memenuhi kriteria dan persyaratannya. Jika mendidik adalah panggilan bagi anda, maka pasti anda akan menjadi pendidik dan berjuang untuk mencapainya. Selamat berjuang berbuat yang terbaik.
    Ardy

  34. Dear pak Ardy,

    Saya ucapkan terima ksaih atas jawaban bapak,
    maaf sebelumnya tapi apa tidak ada penyelenggara program akta di sekitar jakarta pak ?
    saya mau penjelasan dan informasi yang lebih detail lagi , jika pak ardy ada waktu bisa dikirimkan ke email saya (asih21yellow@yahoo.co.id)

    Terimakasih sebelum dan sesudahnya atas perhatian pak Ardy yg menyempatkan waktu membaca komentar saya.

    Sukses selalu untuk bapak.

  35. Wah seneng juga baca tulisanmu di blog ini, luar biasa! mungkin nanti kita bisa join, tp blum skarang. Oh ya aku masih kontak sama Hartono arek blitang itu dan beberapa kawan lain . Asyik juga kita bisa berselancar di dunia maya ini. Terus berkarya dan sukses selalu .Trima kasih salamnya buat suami dan anak-anak. kapan-kapan mampir di blog anakku yg 1 ( http://www.satriaanandita.net) Suamiku kembali kerja di jateng dan 2 anakku sekarang di uksw, dan suatu saat nanti aku juga akan kembali ke sana.

    Thank’s buat pujiannya. Pasti aku akan mampir ke web blog anakmu. Semoga kita bisa ketemu suatu saat di Salatiga. Rumah tinggal kami di utara Salatiga. Jika dapat info tentang kawan lama tolong sampaikan info ke aku juga…..ipink Klaten ada di fb,dan kita sering on line chatt.

  36. Wid kamu skrang hebat ya udah jadi kolumnis kalau ada bisnis2 aku diajak dong, kapan balek ke baturaja?

    Halo Friend !
    Biasa saja …. hidup ini mengalir ….. “fanta rei” ….. menulis juga aliran pikiran yang dibahasa tuliskan. Kalo bisnis belum….masih cari modal. Ke Baturaja jika sudah pensiun. He…he.

  37. halo mas salam sukses
    emang benar mas enakan punya usaha sendiri
    dapat menolong orang untuk mendapatkan pekerjaan .
    mas dapat salam dari dwi harmono ( yang kerja di BATAN )

    Terima kasih Mas Gatot.
    Salam kembali buat kawan saya itu ya. Dia temanku sekampung, se-SD, se SMP ….. semoga dia lebih berhasil bersama Mas Gatot.
    Salam saya buat Anda.

  38. pak
    pak guru lhr di sumsel?
    wong kitoe gallo dong
    hhe
    mantap paak

  39. pak ardy
    do2 bru aja bkn blog di wordpress
    cmn msh bngung untuk mengembangkan blog-nya spy bgus kyk pak ardy punya
    pak guru bisa bantu menjelaskannya kaah?

    thx

  40. Tolong aku diemailkan alamat email ato apa saja punya Ipink, nek tak telpon gak diangkat, ato nomor hpnya ganti gak jelas aku, thanks ya.

    Kalau punya fb coba add dia, dan sesekali ol.
    Sabar ya tak golek ke sik

  41. pak Ardy, nampaknya umur kita sebaya. saya tamat Taman Madya Taman Siswa Medan tahun 1984 dan mempunyai hobby yang hampir sama, membaca, menyanyi, olahraga terutama olahraga beladiri karate, petualangan dan seni. selain guru saya juga seorang instruktur pelatihan Outbound pada sebuah lembaga psikologi di banda aceh. sewaktu kuliah di SGPLB Negeri Surakarta 1985 – 1987 (D2) saya membiayai kuliah saya dengan mengamen…menyanyi adalah salah satu hobby saya. Sukses terus, pak Ardy !

    Wah nampaknya kita seusia dan seprofesi bener Pak. …. mungkin senasib juga.
    kapan ya saya ikut latihan outbound…..jika ketemu ada kesempatan toh…kapan ke solo lagi….tengok kampus D-2nya yang dulu…..daerah saya ngamen dulu di wilayah Salatiga sampai Semarang dalam kurun waktu kuliah 1984-1988……sama kan ?…

  42. saya ngamen sekitar tahun 1985 sampai 1988 di daerah solo, kartasuro, wonogiri, madiun dan sekitarnya. saya pernah ke solo tahun 2005 lalu, kampusnya sudah ganti nama karena SGPLB sudah dilikuidasi. kalau senasib dengan seorang pakar seperti pak Ardy ini ya….suatu keberuntunganlah…mungkin juga ya…

    Wilayah ngamen saya dulu 1984-1988 Salatiga-Semarang….
    Silahkan mampir kalau ada kesempatan ke Jawa / Semarang.
    Salam

  43. ARDY WIDYARSO LAGI CUTI DI SEMARANG YO, KERJA DI PAPUA DI BIDANG APA AND PUTRA/PUTRI SDH BERAPA

  44. Salam Pak Ardy,
    Terimakasih sekali. Saya membaca artikel Bapak,yang sangat saya butuhkan. Semoga artikel Bapak yang berkaitan dengan pengetahuan dan pembelajaran di sekolah tetap terus dapat kami ikuti.
    Salam untuk keluarga.
    Hidup Guru Indonesia

  45. Pak Ardy, kalau boleh saya usul untuk memudahkan menghafal materi IPS bisa kah dibuatkan bagan ringkasan materinya bentuknya mungkin bisa kotak kotak dan diberi anak panah. Terimakasih, Pak. Terus berkarya untuk kemajuan kita semua. Merdeka !!!
    Ayu kelas 5 C

    Terima kasih sarannya.

  46. Pak semoga pak Ardi bisa mendapat materi lebih banyak dan bisa membuat buku IPS dan buku itu digunakan untuk kita pelajari mungkin bukan hanya untuk jita buku itu bisa di pelajari di luar kota oh…. iya sudah itu saja saran saya pak terima kasih maju terus kelas 5 terutama kelas
    5 D salam Ridwan dan 5 D

  47. Pak saya udah membaca cerita tentang ken arok dan ken dedes ceritanya bagus sekali kira2 pak guru itu ceritanya lihat di buku atau menghafal ya pak?

    Regina 5C

  48. Keluarga ( anak istri ) juga dimuat dong, biar saudara-saudara tau andai tambah anak. Kapan berpetualang ke ujung dunia lagi pak ????

  49. SECUPLIK TULISAN YANG ANDA GORESKAN, sempat membuatku sedikit terperangah …setidaknya mengenangkanku akan masa lalu dikala saya dan anda menjadi kanak-kanak, tumbuh besar dan kemudian berpisah…..

    Sdr Bernard,
    Saya masih ragu, apakah Anda Bernard yang saya kenal ? Sekampung, sekelas di sekolah, se Gereja di masa kanak-kanak kita ?
    Jika ya……maka memang kita adalah sahabat !! dan sahabat tidak pernah “bekas” !! Sahabat adalah sahabat selamanya…..tidak terpaut oleh jarak dan waktu.
    Salam dari sahabat.

  50. …..sekedar sekilas mengulas apa yang pernah terjadi dalam sekelumit sejarah dan cerita hidup kita di masa kanak2, anda dan saya bagai pohon pinang yang tumbuh berdekatan dibawah satu aroma kehidupan kampung air gading….memang latar belakang masa lalu adalah bagian hidup yang tak dapat kita sisihkan begitu saja karena itulah yang menghantarkan kita pada masa seperti sekarang ini,…hai kawan masih ingatkah anda dengan sosok kecilku dulu ?…., aku dilahirkan di desa air gading di kota kecil baturaja..disanalah aku besar bersama bapak emak dan saudara2ku yang lain sd xav kalam lanjut ke smp xav pinggir sungai ogan, disanapula aku teruji dengan air sungai ogan yang kadang hampir menenggelamkanku tetapi berkat kegigihan akhirnya teori renang kudapatkan juga,…sma xav palembang tempat aku melatih kemampuan di arena kesebelasan bangau,..walau hanya tingkat kota madya minimal tim kesebelasanku sering memenangkan pertandingan waktu itu… 4 tahun kuselesaikan studyku di kota apel …., semangat dan jiwa berkorban untuk orang lain menumbuhkan pula semangat bela negara yang tertanam dalam darahku sehingga ku putuskan untuk menempuh karier dalam dunia militer….kini kirierku baru sampai pada seorang letnan kolonel ..rasa syukur kepada Tuhan anugerah yang tak pernah kuimpikan untuk meraihnya… dalam karier ku di militer aku pernah mendapat kepercayaan 6 bulan untuk mengikuti studi banding di negri pakistan yang sering dilanda pertikaian, utusan perwira instruktur muda ke sydney, dan study banding ke singapore air force, nah bila di ijinkan Tuhan kini hampir kuselesaikan studyku di jakarta yang kucintai manajemen sumber daya manusia menjadi konsentrasiku…sekelumit kisah hidup …semua itu bagiku cukup dan bahkan rasa syukur yang tak henti kuucapkan kepada Tuhan …karena demikianlah yang diajarkan oleh kedua orang tuaku…rasa bersyukur ….. …kini aku mulai merintis bagai mana cara nya hidup mandiri …membekali diri tak pernah mau berhenti untuk belajar dan menggali ilmu ….., hidup adalah perjuangan. hai kawan rasa kangen menggelitikku untuk bertemu dan berbincang dengan anda….. (bernadiput@yahoo.com)

    Kawan,
    Dunia maya membuat jarak menjadi nihil….. space dan time menjadi limit …. bahkan sulit menjedakan jaraknya. Seperti yang kau tau, aku bergelut di ‘duniaku’ dunia pendidikan …. 23 tahun kugeluti dunia ini, 20 tahun kita belajar dari TK hingga sarjana. Berbagai kota kau dan aku singgahi. Aku singgah ke Tokyo, Kyoto, Nagoya, Mito, Sendai, Nara dll di Jepang, Seoul dan Chongju di Korea, Taipeh, Singapore dan beberapa kota di republik, dari Palembang (sempat mengajar dimana kau pernah sekolah) hingga Papua, Jayapura dan Timika. Jika kau keliliing Lahore atau Islamabad di Pakistan negri penuh intrik politik dan perang dalam homogenity (Islam) serta Sidney, negri di selatan yang damai dan organize ! dan ditugaskan diberbagai negara serta tempat di Indonesia, tentu itu membangun karakter dan membentuk perwatakan kita. Mengetahui, empati terhadap perbedaan dan budaya lain membuat kita sebagai orang yang beruntung pernah dilahirkan. Intinya, ada waktu kita akan bertemu fisik…..entah kapan….tapi kita dapat bertemu juga dengan menggunakan media ini. Kita diskusi, dialog dan lebih mengena lagi jika ada pakar yang lain….misalnya Gunadi anak pak Matsuin….dia pemikir dari Air Gading untuk politik-ekonomi. Tulisannya banyak di berbagai perpustakaan, dam kami sering berdiskusi. Cita-cita kita belum selesai……punya usaha dan hidup mandiri. Semoga.
    Salam sahabat.

  51. hai kawan…, pagi ini 12 Nov 2009 coretan anda menggelitik lagi ….rasanya sayang ku tinggalkan begitu saja walau pekerjaan di mejaku hari ini menumpuk menunggu tanganku…wah inspirasi baru menunggu dan harus ku garap cepat mungkin banyak ide gagasan yang harus ku munculkan sehingga bukan hanya sekedar opsi tapi dapat menjadi kenyataan untuk membangun jaringan, mengumpulkan ide untuk melahirkan penggagas baru seiring dengan perkembangan yang terjadi saat ini..khususnya di negeri kita yang tercinta ini…atau mungkin kita warung khusus untuk bertemu dan bertukar pikiran..saya usulkan disini juga oke….. kawan,.. pernahkan terlintas dalam pikiranmu apa yang belum kita gali di bumi republik ini?… ini ide bagus dan bukan opini … yang ingin saya tawarkan adalah membangun sebuah gerakan “usaha dan hidup mandiri” …..yes saya sangat setuju sekali ..saya langsung jatuh cinta dengan profil anda……..aku mengunggu…dan kita kumpul di disini juga oke….kumpulkan pakar2…dan kita kumpul disini….oke…see you

    Punya idee ?
    Maksud saya ….. yang konkret …. real things…?
    Kedepan aku mungkin hanya bersiap untuk modal usaha keripik singkong.
    Sederhana memang. Tetapi jika digarap serius juga bisa menghidupi kita.
    Mengapa kripik singkong ?
    Beberapa alasannya sbb:
    1. sekitar Semarang banyak ROW MATERIAL-nya (singkong)
    2. kita hanya prosessing (iris, goreng, bungkus, pasarkan) ….
    3. pabrik bumbu segala rasa ada di Semarang
    Catatan : tanpa limbah (sebab ubi dipesan dari petani diantar sudah dikupas bersih); bumbu tidak perlu meracik dan membeli di pasar. Pemasaran awal linked dengan bagian purchase retail-retail besar, tentu harus lobby dan usaha.
    Awalnya per hari 200 kg dulu….. jika pasaran memungkinkan karena permintaan / demand maka mekanisasi perlu digandakan.
    Namun hingga kini masih mengumpulkan modal buat beli beberapa mesin yang diperlukan. (Mesin perajang umbi, mesin penggorengan seperti di KFC, sealer dan packing serta cover design) …..
    Ternyata masih haris bersabar …he..he…..
    Sobat Mu.

  52. hei kawan,..idemu bagus, maaf aku baru muncul lagi beberapa hari aku tenggelam dengan kesibukanku jadi baru sekarang muncul lagi, kalau dapat direalisasikan wow pasti yahut…. yes why not… aku sangat apresiasi dengan terobosan cemerlang seperti itu tapi kelihatan itu tidak sederhana mari kita rapatkan barisan dan membuat lingkaran.. hei kawan indonesia sangat mudah untuk dijangkau ..ingat dulu masa kanak2 kita pernah jalan2 ke spancar rasanya empot2 an naik speda ontel hanya untuk cari lenggiang..hua..hua… itu jaman dulu yang dekil jauh berbeda dengan era kini …kau di sana aku disini sekejab kita dapat meeting…its oke kawan, yo kita buat cash flow nya dulu kawan sekarang banyak trade mark beredar kita kalah cepat karena terhambat oleh sebuah keputusan, . . sebuah ide terkadang hanya berlalu dan tertelan gerakan partner atau lawan bisnis, saya menyukai karakter orang2 sipit yang brani spekulasi, jujur saja saat ini aku baru berani satu kaki membuat sebuah spekulasi setiap gerakan harus buat cash flow kawan …wah itulah yang selalu bikin gerakan keputusan terkesan lamban…. hai kawan di jakarta, bandung dan berbagai kota besar lainnya bisnis produck kripik singkong sudah menjamur tetapi bukan berarti menutup pintu untuk kita jalani, kalau kita bisa buat kemasan yang cantik dan rasa yang selangit dapat bikin nyut2 lidah yang menikmati woooow kita bisa eksport ke eropa kripik singkong rasa lada hitam yang sangat disukai bangsawan portugis….. satu lagi kita bisa manfaatkan hasil bumi daerah kelahiran….soal dana? kita kooperatif aja dan kita punya banyak ling …yes…

    Punya idee konkrit ?
    Let’s share to me ………….. I’am waiting ………..
    What’s your plan to be an enterpreneur ?
    ………………. Shere it’s ….. send me soon.

  53. hai bos…. satu satu dulu aja yah..saat ini aku gunakan link nama perusahaan Rusman temen kita dulu …dalam waktu dekat saya menggagas untuk import dari korea/amerika product original “flying shoes, flying jacket, green coverol, glofe, dll” yang intinya perlengkapan fighter…, kalau you mo ikutan boleh gabung masukan product barang2 ke institusiku karena ini menggunakan APBN maka kita dituntut main bersih2 aja,..kalau aku lihat you mungkin bakat di dunia marketing….cobalah masukan barang yang institusi perlukan misalnya bidang avionik, suku cadang sampai yang di pakai sehari hari seperti sepatu dll…..anggarannya tentu masih rahasia dong…. hehe ….kalau udah punya gagasan kuat contact aja bos ya… oya bos kalo you yang bangun pabrik kripik singkong okelah gue marketingnya,.. nanti kita lintas sektor dan manca negara…tetapi kalau you udah punya coretan2 cash flow nya gue tunggu.. yah beri aku dong gambarannya… nanti aku dorong modal dari jakarta kita punya banyak kawan2 dijakarta banyak orang2 punya duit tetapi bingung mau diapain..nah kita bisa rangkul mereka…tetapi kalau aku yang bangun pabriknya marketingnya you yang pimpin, kita harus kooperatif dan bersinergi ya kan…di kawasan bogor/ cibubur banyak lahan yang dapat kita sewa untuk area pabrik makanan, kemasan plastiknya kita bisa pesancetak,..simpel dan mudah…yang perlu kita bicarakan link pemasarannya…..

    let’s kawan…Iam ready..
    cash flow nya saya tunggu…

    Di Timika SP-03 kini sedang dibangun pusat pemerintahan kabupaten Mimika dan propinsi Papua Tengah. Kantor-kantor dipusatkan di wilayah ini. Ada tanah strategis ukuran 25 X 100 M tepi jalan sangat hoki buat usaha, harga sekitar Rp. 200 jt-an dan kita bangun gudang serta ruko untuk sembako dan rumah makan perlu dana sekitar 300jt-an.
    untuk item yang dijual (Sembako) sekitar 200jt-an. Keuntungan usaha ini untuk wilayah Timika bisa sampai 100%. Pasokan bisa dari Jakarta dengan menggunakan PE = Personal efect saya dari fasilitas yang diberikan Freeport (Ngirit ongkos kirim) Tinggal contact General suplier di Jkt jika oke ….. dana minta / hutang Rusman kawan kita itu kira-kira dia kasih nggak ?! Butuh Rp 500 – 700 jt-an.
    Jika cocok segera akan saya susun proposalnya dalam 2 minggu ini.
    Ditunggu khabarnya.

  54. waw..!!! kalo menanam modal di bumi papua terlalu kompleks permasalahannya, saya tahu cukup banyak kondisi daerah itu ..dana bisnis banyak bocornya mengingat banyak yang harus di tambal sulam terkait dengan security, stabilitas dan mobilitas. ayo kawan bagaimana kalau kita lirik obyek yang lain?

  55. haha, paakk, fia dandy odilla jovan sama rina blognya udah jadi ya pak? saya mo liat doong, hehe

  56. Salam Kenal Pak Ardy…

    Saya guru petra 4 sidoarjo mata pelajaran Pkn , pernah mengajar sejarah, sosiologi , dan tata negara , juga koordinator bidang studi IPS PPPK Petra di Litbang Petra sekarang ini , tapi ahkir bulan juli nanti saya keluar mengundurkan diri untuk mulai usaha sendiri.
    Waktu Bapak keluar tahun 1998 saya baru masuk ke sidoarjo.
    Kebetulan saya lagi mencari kumpulan soal – soal IPS untuk SD . Pas saya baca – baca ada profile Bapak .

    Waktu kemarin ada gempa di Papua apa disana juga kena imbasnya Pak.??

    Senang bisa berkenalan dengan Bapak .

  57. Pak Guru Web bagus skali …. !!!
    Pak gurru cra buat web baigaimana kahh pak guru ??
    untung ada soal2 klas lima jdi enak deh bisa belajar dari internet …
    hahahahahahahahahhaa :)

    Terus lah belajar ya ….
    Semoga berhasil.
    Ardy

  58. ass.. wrb.. salam kenal pak..!! saya alumni SD YPJ KK tamatan 1999…!!! numpang tanya pak!!! klo pak Priyono (guru matematika n guru Extrakul badminton) masih ngajar g pak Di YPJ KK..???

    Masih Mas,
    Beliau rekan saya mengajar.
    Salam.

  59. Yth Bapak alumni SMP Xaverius Baturaja.
    Saya penerus Pak Ig Soewardjo(Guru SMP Xav Bta) merasa bangga dgn prestasi yg Saudara raih. Kami/aku sebagai estafet guru di SMP Xaveba mengharap dukungan/kritik/saran/kepedulian alumni untuk mengeksiskan SMP Xaveba. Kami tunggu respon-nya. Respon untuk web SMP Xaveba yg masih belia.

    Terima kasih Mas Yuliantoro,
    Salam buat para guru saya di sana……
    Salam buat pak de saya, Pakde Soewardjo …… pakde sekaligus kepala sekolah kami.
    Salam,
    Ardy

  60. Hi Pak gurruuu …
    yg baik ..
    Penuh dengan Cerita ya di kelas karena SERUUUUUUUUU bangedd …\\\
    Apalagi kelas nya pak guru paling Enaakkkk ..!
    Jangan berhenti bercerita tnta kerajaan >…
    Terima kasih
    Calista

    Iyyyyyaaa Pak guru Ceritanya SSSSSEEEERRRRUU banget nggak bikin bosen…. Apalagi ceritanya Ken Arok itu yang paling seru!!!!!!!
    Jangan lupa ya Pak cerita yang SSSERUUU lainnya!!!!
    Terima kasih
    Diva

  61. Pak De Soewardjo, jarang ke Baturaja, Beliau DPRD I Sumsel.
    Salam

  62. Pak,Maaf…
    ssaya salah 1 mahasiswa sipil ITATS,saya tertarik dgn artikel Bapak yg mengupas tntang Candi Borobudur.
    kira” kl Bapak di undang u/ mnjadi Pemateri u/ Acara seminar kami bleh..???
    Dgn tema Struktur Candi borobudur.

    Terima kasih atas undangannya Mas Fachrul,
    Saya masih belum tahu ekspectasi seminar dengan tema dimaksud.
    Mohon diinformasikan pula kapan pelaksanaan seminarnya ? Agar saya dapat mempersiapkan materinya.
    Saya sekarang berada di Papua, dan di Semarang tanggal 18 desember 2010 s/d 14 Januari 2011.
    Info lanjut saya tunggu,
    Ardy

  63. terima kasih atas pencerahannya, pak. banyak teman mengajar ips, apalagi mengajar di sd banyak mengalami kesulitan dalam memberikan materi. kebanyakan dengan cara klasikal. ini akan memberikan kami motivasi bagi kami untuk mengembangkan pendidikan di wilayah kami.
    eh.. ternyata cita-cita kita sama, saya juga pingin punya usaha sendiri, dan mengajar adalah sebagai aktualisasi diri saja, sehingga keikhlasan mengajar kita lebih dalam. kalau sudah punya usaha kan tidak mengharapkan honor mengajar.
    sekalian curhat

  64. anda terlalu lama menghilang dariku fuji syukur masih bisa melihat kamu wyd walau hanya sekedar foto, rinduku sudah sedikit terobati , semoga aku berharap namaku masih terukir di benakmu sahabat . kalau ingin coba hubungi aku di 081273293888 adalah no hp ku wyd …..Nadirsyah Tanzili.

    Hello Friend,
    Very nice to meet you again …. so long-long time asked for your position …. and try to find where are you, but still nuul ….. Alhamdullilah you could find me first…..
    Your most intimete friend ever…..
    Ardy

  65. hello Pak Ardi …..
    Saya dah buka2 dikit web ini
    bagus……………………………
    saya tunggu konten terbarunya.

    eko ungaran

  66. Pak, apa kabar? saya kangeeeen banget diajarin pa Ardi :D

    Pak Ardy juga kangen dengan kalian semua …..
    Salam buat semua murid kesayangan pak Ardy ya ….
    I love You all …..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: