Posted by: awidyarso65 | 5 December 2012

KURIKULUM 2013 APA YANG BERUBAH ?

kurikulum-2013-1Dunia pendidikan kembali berubah (baca: berkembang?). Kementrian Pendidikan Nasional telah melaunching (ujicoba) draft kurikulum yang baru. Masyarakat mendengar nama kurikulum yang tengah diujicobakan itu sebagai ‘Kurikulum 2013’. Khabarnya untuk satuan pendidikan Sekolah Dasar mata pelajaran yang jumlahnya sepuluh dikurangi menjadi tinggal enam mapel. Mapel IPS, IPA dan Bahasa Inggris tidak ada draft KD-nya. Apakah artinya mapel-mapel itu akan ditiadakan untuk SD? Kita tunggu saja bagaimana final-nya.

Berikut gambaran draft kurikulum (khusus SD) yang diperoleh dari website Kementrian Pendidikan Nasional. Para pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan tentu perlu mencermati perkembangan kurikulum ini. Dunia pendidikan salah satu intinya adalah kurikulum. Gerak langkah proses belajar dan perkembangan mutu pendidikan diarahkan oleh kurikulum yang didesign oleh pemilik kewenangan, Pemerintah, Sekolah dan Masyarakat. Silahkan mencermati …

Elemen perubahan yang ingin dicapai dengan Kurikulum SD 2013 dapat disarikan dalam deskripsi singkat berikut:

1. Pada Kompetensi Lulusan      : Adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

2. Kedudukan Mata Pelajaran     : Kompetensi yang semula diturunkan dari mata pelajaran berubah menjadi mata pelajaran dikembangkan dari kompetensi.

3. Pada Cara Pendekatan                        : Untuk SD kompetensi dikembangkan melalui Tematik Integratif dalam semua mata pelajaran.

4. Struktur Kurikulum        :

• Holistik berbasis sains (alam, sosial, dan budaya)

• Jumlah mata pelajaran dari 10 menjadi 6

• Jumlah jam bertambah 4 JP/minggu akibat perubahan pendekatan pembelajaran.

5. Proses Pembelajaran   :

•  Standar Proses yang semula terfokus pada Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi dilengkapi dengan Mengamati, Menanya, Mengolah, Menyajikan, Menyimpulkan, dan Mencipta.

•  Belajar tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga di lingkungan sekolah dan masyarakat.

•  Guru bukan satu-satunya sumber belajar.

•  Sikap tidak diajarkan secara verbal, tetapi melalui contoh dan teladan.

•  Proses pembelajaran melalui tematik dan terpadu.

6. Penilaian Hasil Belajar  :

•  Penilaian berbasis kompetensi.

•  Pergeseran dari penilain melalui tes [mengukur kompetensi pengetahuan berdasarkan hasil saja], menuju penilaian otentik [mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil]

•  Memperkuat PAP (Penilaian Acuan Patokan) yaitu pencapaian hasil belajar didasarkan pada posisi skor yang diperolehnya terhadap skor ideal (maksimal)

•  Penilaian tidak hanya pada level KD, tetapi juga kompetensi inti dan SKL.

•  Mendorong pemanfaatan portofolio yang dibuat siswa sebagai instrumen utama penilaian.

7. Ekstrakurikuler   : Pramuka (wajib), UKS, PMR, Bahasa Inggris, dll.

 

Berikut pengembangan struktur kurikulum SD 2013 :

Struktur Kur. SD 2013

Selamat datang Kurikulum 2013, semoga perubahan yang akan dicapai terimplementasikan sampai pada level teknis di lapangan. Semoga guru dan profesional dibidang pendidikan lainnya segera beradaptasi dengan perubahan. Selamat berubah dunia pendidikan …….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: