Posted by: awidyarso65 | 23 October 2008

E-learning mendorong pembelajaran bilingual di SD-YPJ-KK

Cara komunikasi dan proses transfer of knowledge (transfer budaya) sudah berubah. Perkembangan teknologi komunikasi masuk ke berbagai sektor kehidupan manusia, tak terkecuali dalam dunia sekolah. Proses belajar

Think Global act Locally

Think Global act Locally

dengan penggunaan multi media mulai menggeser cara lama dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Komunikasi dengan siswa di kelas dalam proses belajar, komunikasi di luar kelas berkenaan kegiatan belajar dengan para stakeholder (ortu, siswa dan masyarakat) mulai dilakukan melalui teknologi multi media dunia maya (internet)

Wikipedia memberi batasan secara harfiah, internet (kependekan dari perkataan ‘interconnected-networking’) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking. Selanjutnya wikipedia menjelaskan kemampuan internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkonikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.

Sistem pembelajaran elektronik atau E-learning adalah proses belajar dengan media internet. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan demikian wikipedia menulis.

Ketersediaan fasilitas/akses internet di YPJ, telah memacu warga civitasnya untuk senantiasa mengembangkan diri dan berkreasi memanfaatkan teknologi tersebut. Akses internet untuk semua guru jika dimanfaatkan secara efektif pasti memberi andil pada peningkatan mutu guru dan pembelajarannya. Komunikasi di internet yang banyak menggunakan bahasa asing (Inggris) perlahan akan menunjukkan andilnya dalam proses kemajuan menuju pembelajaran bilingual yang ingin dicapai YPJ. Berbagai sumber belajar bagi siswa juga sangat banyak tersedia di media ini. Penugasan dari guru kepada para siswanya untuk mencari dan menemukan sumber belajar di web tertentu, telah pula mengaktifkan siswa untuk masuk memanfaatkan internet.

Sejak Mei 2007, beberapa guru YPJ-KK mulai berkreasi mendesign Web-Blog dengan berbagai tujuan. Pembelajaran Social Science di SD YPJ-KK baik di dalam kelas maupun di rumah telah dengan intens memanfaatkan fasilitas dan media audio visual yang tersedia. Tayangan materi ajar yang divisualisasikan melalui LCD dalam pembelajaran dengan mengakses Encarta, Google Earth untuk belajar Maping (pemetaan) serta berbagai sumber sejarah dan budaya di berbagai belahan dunia, menjadi praktek pembelajaran dengan bilingual di kegiatan belajar IPS. Di rumah masing-masing para siswa dengan didampingi orangtua, mengakses tugas dan materi ajar dari Web-Blog guru dan memanfaatkanya sebagai sumber belajar serta media komunikasi untuk kemajuan para putra dan putrinya. Ketersediaan wadah komunikasi yang demikian, nampaknya telah ikut menjembatani rintangan waktu berinteraksi bertemu langsung, dikarenakan kesibukan orangtua masing-masing sebagai pekerja/karyawan.

Beberapa guru SD-YPJ-KK telah ada yang mensosialisasikan Web-Blognya kepada para orangtua siswa pada pertemuan orangtua siswa dengan guru yang diadakan di sekolah untuk kepentingan seperti maksud di atas. Beberapa domain dimaksud diantaranya http://awidyarso.co.cc. Siswa dan orangtua dapat mengakses berbagai sumber belajar Social Science melalui materi yang tersaji dan taut/blogrool yang dilisting di alamat tersebut.  http://priyonohadisaputra.blogspot.com didapati materi pembelajaran matematika, dan pada http://pieterkemur.wordpress.com dilisting materi filsafat dan Agama Katholik. Wadah untuk komunikasi alumni yang dikelola guru tersedia di http://alumypjkk.blogspot.com . Pada intinya e-learning di SD-YPJ-KK telah dipraktekkan dan berjalan. Tinggal bagaimana kita, baik siswa maupun orangtua (stakeholder YPJ) memanfaatkan serta mengembangkannya agar efektif kegunaannya bagi kemajuan pendidikan.


Responses

  1. Hasil belajar dari google maping Pak
    http://www.wikimapia.org/#lat=-6.452283&lon=106.737558&z=18&l=0&m=a&v=2

    salam

    Anda benar !
    Belajar dari apapun baik …..

  2. Mencari met0de-met0de pmblajaran N tujuan pmblajaran ips sd

  3. kemajuan pendidikan,
    ya didukung dan seiring dengan kemajuan IPTEK, dan pastinya SDM yang berkualitas.

    semangat untuk perubahan kearah yang lebih baik…

    Terima kasih Silvia.
    Selamat berkarya demi kwalitas bangsa.
    Salam,
    Ardy

  4. Never too late to start new thing…..!!
    Pak ardi, kasih saran untuk pengembangan materi social science (geo, history, civics, eco) terutama untuk kegiatan out door/fieldtrip. Lo .. sekarang ngajar kelas berapa to pak? siapa tahu sama. Jadi bisa share tentang many thing. he…..
    Kurikulumnya create sendiri ta? teaching-learningnya using English or bilingual? thank a lot and sukses.

  5. ya aku udah baca jalur gaza ini alamat Emailku yang baru: krisantusardybarata@yahoo.co.id


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: