Posted by: awidyarso65 | 25 August 2008

Prestasi di International Choir Games Competition Austria

Siapa Designer di balik Suara Emas Siswa-Siswa Hebat Itu ?

VOY action in Austria

VOY action in Austria

Di ahir Juli silam kita sama-sama mendapatkan surprise!  Kontingen choir Voice of YPJ menyabet medali perak pada event tingkat dunia di Austria. Austria negri barometer dalam urusan perhelatan musik-musik dunia menjadi tempat dan saksi bagi kecemerlangan mutiara di timur Indonesia. Diawali menyabet medali emas di tingkat Asia pada event yang sama ditahun sebelumnya dalam kategori lagu folklore, Voice of YPJ melaju mewakili Asia ke ajang kompetisi dunia. Sebuah prestasi puncak yang membanggakan. Membanggakan apa dan siapa ? Tentu yang pertama-tama adalah membanggakan YPJ (Yayasan Pendidikan Jayawijaya). Kemudian berturut-turut membanggakan orang tua siswa, membanggakan perusahaan (PT.Freeport Indonesia), membanggakan daerah Kabupaten Mimika, dan Papua pada Umumnya, serta Indonesia di mata Internasional. Lalu, apa yang patut dan selayaknya dibanggakan? Yang kita banggakan adalah betapa para siswa personil Voice of YPJ itu dengan penuh semangat berlatih dan berlatih diluar waktu belajarnya dan bahkan di hari Sabtu dan Minggu. Perbuatan mereka, usaha dan letihnya berbulan-bulan itu membuahkan prestasi ! Kemudian siapa ‘designer’ yang menggerakkan mereka sehingga prestasi-demi prestasi ‘hinggap’ di pundak anak-anak siswa YPJ ini? Siapa pula yang mendedikasikan pikiran, tenaga dan waktunya sore dan pagi diluar waktu kerjanya selama berbulan-bulan bahkan hampir setahun itu?

Provisiat

Provisiat

Sudah tentu cukup banyak pihak yang dapat satu-persatu disebut namanya dalam turut andil mensuport, memberikan sponsor, serta melibatkan dirinya dengan cara dan kapasitas masing-masing bersumbangsih. Pihak sekolah, Pihak Yayasan, Para orangtua siswa, Guru,  Perusahaan dan yang lainnya melalui perannya sendiri. Dari semua keterlibatan di atas, tidak dapat kita pungkiri bahwa peran besar Robert Takasensengan yang telah mendesign talenta-talenta suara siswa yang selama ini terpendam, mengemuka muncul terkumandangkan. Dengan kesungguhan dan kesabaran manakala hampir semua warga sekolah telah pulang, pria kelahiran Sangir ini tetap di sekolah melatih hingga sore. Sabtu pagi, bahkan Minggu saat sekolah libur, kelas Seni ruang di pojokan sekolah YPJ-Kuala Kencana itu selalu bergema lantunan suara. Latihan vocal, latihan gerak, latihan vocal padu, pernapasan dan berbagai latihan penyempurnaan dilakukan berminggu, bulan hampir setahun penuh. Dengan sabar,tekun dan penuh dedikasi semangat telah diperankan pria ini. Siapakah designer itu ?

Robert T

Robert T

Robert Takasensengan lahir di ujung utara wilayah negara RI, tepatnya di kepulauan Sangihe. Memulai studi vokalnya ketika belajar music di IKIP Manado dan tamat tahun 1991. Usai studi beliau berperan mengembangkan paduan suara di wilayah Sulawesi Utara sebagai konduktor dan juri diberbagai event/kontes bidang tersebut. Pria berkumis tebal ini mempertajam kemampuannya di bidang vokal, komposisi dan arrangement melalui seminar dengan pembicara level nasional seperti Ronald Pohan (1989), Aida Swenson (1989), dan pembicara dari mancanegara seperti Yan Pasvier (1991), serta Prof Andrew de Quadros (2003) & Jenniffer Tham (2006).

          Sejak awal tahun 2000, Robert bergabung sebagai staff dan mengajar di Yayasan Pendidikan Jayawijaya. Di sekolah YPJ-KK, guru yang hobby makan rica-rica ini mulai melirik siswa-siswi yang memiliki talenta dalam menyanyi, mengembangkannya serta melakukan berbagai eksplorasi bidang musik dan vokal. Ia juga sangat serius dan dengan komitmen yang tinggi mengembangkan musik etnis. Tahun 2005 Robert mempertajam lagi musik etniknya di sanggar angklung Saung Udjo di Bandung dalam bidang komposisi dan arrangement dengan Dr. Daud Kosasih, yang telah banyak meningkatkan kemampuannya sebagai konduktor dan penulis musik.

          Berikut adalah deretan prestasi yang telah dicapai Robert sebagai pelatih serta pembina Choir and Vocal Group di YPJ Kuala Kencana:

VOY in front of the Graz Castil

VOY in front of the Graz Castil

  1. First winner, Pesparawi Children Choir in Mimika, 2002 and 2004
  2. Third winner, Pesparawi Children Choir in Papua Province, Merauke, 2005
  3. First winner Elementary School Choir for All Papua in Jayapura, 2006
  4. Best Performer for Ethnic Choir for Indonesian Elementary School in Jakarta, 2006
  5. First winner, Vocal Group for Elementary and Junior High School in Mimika, 2007
  6. First winner, Vocal Group for Junior High School for All Papua in Jayapura, 2007
  7. Third winner for favorite performer, Vocal Group Contest for Junior High School, National Level, in Makasar, 2007
  8. Champion for Folklore Category, Asian Choir Games in Jakarta, 2007

Dari deretan prestasi yang telah ditorehkan ia mendapatkan kebanggaan!  Robert Takasensengan sudah memperoleh kebanggaan yang semestinya ia peroleh. Kata provisiat, salution dan kata selamat atas prestasi yang disampaikan padanya oleh belbagai pihak berdatangan. Namun tentu saja seorang Robert dalam kehidupannya di dunia ini tidak hanya butuh kebanggaan. Reward untuk eksistensi dalam hidup dunia juga merupakan kebutuhan pemacu terus berkarya dan berprestasi, serta memberi penguat agar diduplikasi karyawan lainnya.

Pak Robert, selamat ! Anda sudah membuktikan kepada dunia bahwa Anda sudah berbuat untuk kemajuan Jagat. Bahkan Anda sudah menjelma sebagai ‘Agent of Change’ ………. Semua berharap Anda akan tetap berkarya dan berujar:  I’ll do my best! Meski hanya kebanggaan yang didapat.

 

 


Responses

  1. mkasihh pak .
    tuh ada sy nyaaa :)

    hhe .

    Okey….. Selamat ya.

  2. YPJ KK.!!
    love yo puLL!!
    hehehhh..
    kangenn YPJ.
    stella yoku( akatilas.13)

  3. waduhh,, jadi kengen nihh..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: