Posted by: awidyarso65 | 4 June 2008

Outing Class ke Mile 21 dan Portsite

berangkat            Selasa, 3 Juni 2008 kemarin rombongan kelas VI SD-YPJ-KK meluncur outing class ke dua arah. VI-A dan C menuju Mile 21 dan yang VI-B dan D menuju Portsite.

Pelaksanaan perjalanan sengaja dipisahkan dengan alasan yang bersifat teknis, agar perjalanan lebih Nursery Mile 21terkontrol, dan proses pembelajaran / sosialisasi program dari ”Green Team” (Enviro) berjalan efektif. Diangkut dengan 2 bis besar, kedua rombongan tepat pukul 07.30 WIT. menuju masing-masing arah dengan didampingi 3 orang guru di tiap bis.

            Rombongan Mile 21 tiba di lokasi 08.30 WIT, dan langsung diterima Kak Robert dengan penyampaian briefing singkat di ”Gazebo”.  Usai briefing singkat ”Dream Team” membawa siswa mengenal ”Nursery”. Di sini siswa diajari bagaimana melakukan pembibitan untuk berbagai jenis tanaman. Tanaman buah, tanaman kehutanan, tanaman palawija serta tanaman hias dan obat dibiakkan di nursery Mile 21. Baiknya pertumbuhan tanaman-nursery-pantaitanaman di lokasi ”Show Case Area” tanam, membuktikan bahwa lokasi Tailing (sisa tambang PT. Freeport) dapat menjadi media tumbuh berbagai jenis tanaman. ”Green Team” menyampaikan harapannya kepada para siswa bahwa setelah mennyaksikan, memahami kondisi real di Mile 21, dimasa depan, mereka dapat mencontoh melakukan action memelihara lingkungannya, serta menjadi duta-duta lingkungan.Mengamati di Lab. Green Team Cargo Dock

            Selain mendapatkan penjelasan dan mengamati di Laboratorium, para siswa mengamati jenis-jenis tumbuhan dan cara tanamnya, mengamati cara tanam Hydroponic, cara tanam anggrek jenis yang ada di Papua, mengamati cara pembiakan kupu-kupu sebagai indikator kebersihan udara, cara pengembangbiakan ikan, irigasi dan penataannya.

            Usai kegiatan di Mile 21, perjalanan dilanjutkan ke Cargo Dock, Portsite pada pukul 10.30 WIT. Rombongan tiba di lokasi tujuan pukul 11.00 WIT, langsung dibimbing Mas Deny Berkeliling P. Karakadan team menuju Laboratorium Green Team (Enviro) mengamati dan mendapatkan penjelasan mengenai biota laut serta upaya-upaya reklamasi pantai. Di nursery khusus pembiakan tumbuhan lingkungan pantai, para siswa mendapat penjelasan bagaimana melakukan pembiakan tumbuhan bakau dan tumbuhan pantai lainnya.

            Tepat siang hari setelah makan siang bersama, para siswa menikmati panorama sekitar Portsite dengan berkeliling mengitari pulau Karaka sambil menyaksikan sepintas  kehidupan pantai masyarakat Kamoro. Kemudian perjalanan pulang ke sekolah  ……… 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: