Posted by: awidyarso65 | 14 May 2008

Pesan saya untuk Yopi Kilangin

Yopi KilanginMendekati pilkada 19 Mei 2008 mendatang, berbagai upaya dilakukan oleh balon Bupati dengan pasangannya, berkampanye menarik hati dan simpati rakyat kab. Mimika. Sosialisasi pilkada dengan berbagai upaya telah digelar KPUD Mimika di berbagai tempat. Dalam upaya meraih kursi No. 1 di Mimika, empat pasangan calon ”bersaing” menarik simpati rakyat. Mendatangkan artis dari ibu kota dengan ”menggoyang” masyarakat peserta kampanye, orasi-orasi di depan voter dengan menggunakan wilayah publik (lapangan Timika), kovoi ”barisan” merupakan cara lazim dan masih terus diulang untuk mendatangkan sebanyak mungkin orang.

 

            Keempat pasang kandidat yang ”bertarung” rebutan kursi no. 1 di Mimika itu adalah; No urut 1. Yan Anthon Yoteni Amd.Pd – Pdt. Paulus Pakage, STh. ; No. urut 2 Hans Magal, SP – H. Sutoyo, Amd. Kes. No. urut 3  Klemen Tinal, SE, MM – Abdul Muis, ST, MM., dan No. urut 4  Drs. Yoseph Yopi Kilangin-Yohanes Felix Helyanan, SE.

 

            Secara pribadi saya tidak banyak mengenal ke-empat pasangan calon di atas. Saya hanyalah oyame (pendatang) yang bekerja di Papua. Kurang mengenal terhadap pasangan kandidat balon bupati di atas menyebabkan saya tidak pernah ambil pusing (baca:perhatian). ! Seorang rekan saya sesama oyame dan mengaku dari kader PKS pernah memberikan pandangan-pandangannya ketika bertandang ke rumah saya. Pilih No. 2 katanya !, lalu kenapa pilih nomor dua saya coba menyelidik pemikirannya. Pak Sutoyo itu kader PKS, dan dia jujur …. lanjutnya …. Kalau yang nomor tiga (incumbent) sudah pernah menjabat bupati …. dan coba kamu cari …. informasi apa yang kamu dapat tentang kandidat nomor tiga ?! …………. tambahnya …. saya bingung dan semakin tidak mengerti. Masih ada dan banyak lagi argumen-argumen rekan tersebut disampaikan dalam rangka ”membujuk” saya untuk memilih ”jagonya” yang nomor dua. Ahirnya dengan menggunakan pengamatan ”bathin” dan berwawancara secara “imaginer” dengan “perenungan” yang mendalam … ( he…he…he…) saya memilih dan mempercayakan satu suara saya untuk kandidat nomor empat saja !!! Karenanya dalam tulisan ini pesan pribadi, saya sampaikan hanya untuk pasangan calon bupati nomor urut empat ! (Drs. Yoseph Yopi Kilangin-Yohanes Felix Helyanan, SE.)

 

            Kakak Yopi Kilangin dan Kakak Felix Helyanan, berikut pesan-pesan saya :

 

1.   Tepati janji-janji kampanye anda ! Jangan kecewakan rakyat yang pergi ke TPS untuk memilih anda !! Saat ini saya yakin anda akan menepati janji. Namun waktu yang akan membuktikannya !

2.   Bekerjalah jujur (berantas korupsi), dengan meneggakkan hukum dan keadilan.

3.   Bangunlah infrastruktur (transportasi, pendidikan, kesehatan, listrik, kebutuhan air bersih, dll.)di Timika dan perbaiki yang rusak. Sebab pembangunan fisik sangat dirasakan masyarakat secara langsung dan sangat nyata (terlihat).

4.   UUD-45 mengamanatkan (tertulis) alokasi anggaran sektor pendidikan minimal 20% ! Patuhi amanat UUD-45 itu. Dasar anda untuk berbuat di bidang ini dengan mengalokasikan anggaran tersebut sangat kuat !! Jangan takut dengan DPRD atau atasan anda yang lain seperti Mendagri. Tanpa kemajuan di bidang pendidikan, Mimika tidak akan mengejar ketertinggalannya dengan perkembangan daerah lainya apalagi dengan Jawa !

5.   Mimika dengan APBD-nya yang sangat besar (bahkan terbesar di wilayah Papua) Sangatlah memalukan jika dalam masa kepemimpinan anda tidak mengalami kemajuan paling pesat ! 5 tahun masa bakti (2007-2013) harus digunakan untuk menunjukkan bahwa anda layak dipilih kembali untuk periode 5 tahun berikutnya lagi !! Bila Pesatnya pembangunan dan kemajuan Mimika dirasakan rakyat, maka tidak akan ada kandidat lain yang berani ”menantang” anda di 2013 untuk kembali memimpin Mimika !!!

6.   Pusat pemerintahan yang ”terbengkalai” yang telah dibangun mantan bupati terdahulu, cobalah diberdayakan. Milyaran rupiah dana yang telah dilepas untuk pembangunannya. Manfaatkanlah dan berdayakan agar bermanfaat untuk rakyat.

7.   Hapuskan mental ”Redtipe birokratism” dikalangan pejabat ! Ubah mentalitas pejabat dan abdi rakyat, menjadi benar-benar mengabdi untuk rakyat. Hapus pungutan liar serta kebiasaan menerima ”hadiah” !! Anda akan menerima Award jika semua itu terlaksana dengan baik.

8.   Ahirnya saya yakin dan percaya, anda sebagai putra daerah Amungsa dengan dukungan rakyat Mimika dari berbagai suku, bahwa anda pasti memenangkan pilkada Mimika di tahun ini.

 

Demikian pesan saya untuk anda ………..

Jalankan amanat rakyat !!

 

Papua, 13 Mei 2008

 


Responses

  1. Prof, data melek huruf, ipm, ekonomi, dll tingkat kabupaten/kota ado di sini
    http://www.datastatistik-indonesia.com/component/option,com_tabel/kat,1/idtabel,111/task,menu/Itemid,906/
    ==>barangkali perlu peringkat Mimika..:)

  2. oh ini to jagoan pak guru….

    saya mah golput :D

  3. Mak mano Prof?
    menang dak calon yang kau komentari?

  4. saya ma pks aja yang bersih gitu

    Insya Allah…..benar bersih……itu juga pilihan yang baik.
    Salam


Leave a Reply

Categories

