TTS IPS Kls. VI

TTS           Banyak yang berpandangan bahwa IPS adalah pelajaran yang tidak menarik, bersifat hafalan dan membosankan. Cara mengajar konvensional telah ikut andil mewarnai pendapat/opini “masyarakat” (baca:siswa) dan membenarkan pandangan di atas. Mengajar dalam pengertian transfer ilmu dengan cara ceramah, guru menjelaskan dan siswanya hanya mendengarkan merupakan model proses belajar yang membenarkan opini bahwa IPS memang bikin bosan karena selalu menghafal fakta-fakta ! Selama masa orba cara mengajar guru-guru IPS pada umumnya memang demikian.

          Seiring perubahan dan reformasi tentu gaung perubahan juga masuk ke wilayah dunia pendidikan dan merubah pandangan “masyarakat” pendidikan pada pola bagaimana mendidik / mengajar. Siswa sebagai pusat (Student Center Learning) memberikan peran besar kepada siswa dalam andilnya menentukan bagaimana ia akan mempelajari suatu Kompetensi yang harus dia kuasai. Selebihnya guru hanyalah sebagai fasilitator (pemberi fasilitas). Guru memfasilitasi waktu siswa dalam belajar, memfasilitasi materi / bahan serta alat dan sumber informasi. Membimbing dan mengarahkan siswanya dalam belajar yang tidak mendominasi kegiatan proses belajar mengajar, bersama siswanya menuntun mancari jawab atas permasalahan yang muncul dalam belajar dan memberi ruang kemandirian siswanya dalam belajar merupakan peran yang mesti ditampilkan guru modern.

          Salah satu cara “memfasilitasi” agar siswa mandiri dalam belajar, mungkin perlu kita coba dengan methode “Belajar IPS dengan TTS” di bawah ini. Tentu dalam pelaksanaannya perlu langkah-langkah yang tepat, serta penjelasan seperlunya dalam mempersiapkan siswa untuk belajar. Langkah-langkah dimaksud misalkan : 1. Siswa mempersiapkan sumber belajar (buku paket pegangan siswa) 2. Sampaikan bahwa materi untuk menjawab TTS tersebut berasal dari materi …. yang bertujuan mencapai Kompetensi Dasar …. 3. Sampaikan batasan waktu dalam mengerjakan TTS, dan apa konsekwensinya jika dalam batas waktu yang telah ditentukan belum selesai. 4. Selama siswa mengerjakan sebaiknya guru mengawasi / membimbing memastikan bahwa pengisian (pekerjaan) dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan oleh siswa secara pribadi tanpa bantuan atau bertanya pada temannya. 5. Usai mengerjakan langsung lakukan koreksi / penilaian, dan inventarisasi nilai. 6. Soal dan jawaban yang sulit dengan indikasi banyaknya siswa menjawab salah, perlu mendapatkan penekanan ulang untuk disampaikan kembali penjelasan / diremidialkan kembali bahan ajarnya.

          Silahkan meng-akses dan mencobakan “Belajar IPS dengan TTS” pada siswa kita.

          Selamat mencoba !

TTS Bab 8 B Grade VI for web

TTS Bab 8 A Grade VI for web

TTS Bab 7 Grade VI for web

TTS Bab 6 Grade VI for web

Responses

  1. Pak, kok ‘belajar IPS dengan TTS’nya nggak bisa dibuka sih?? kan lumayan untuk dipelajari dirumah…. Blognya bagus.

    Nicolle,
    Coba lagi dech …. sekarang udah bisa dibuka.
    Selamat belajar ya.
    Tetap semangat
    P” Guru

  2. Pak, kok soal tentang globalisasi gak ada? Kan kelas 6D mau ulangan?!!!!!!!!!!!

    Mawastya,
    Besok kan akan ulangan Kompetensi Dasar tentang “Globalisasi” ….. makanya P’ Guru ambil dulu …
    Jangan lupa pelajari materinya di halaman 1 sampai dengan halaman 20 pada buku paket.
    Termasuk belajar soal-soalnya lho ya !
    Selamat belajar semoga berhasil

  3. pa’ kok soal tentang koperasi gag ada ??
    jdi tugasnya gimana donk ??
    nb : bukan komputer saya yang rusak lhoo pak !

    Oke,
    Sheet copy-annya udah P’Guru siapkan.
    Besok dibagikan.
    Jangan lupa belajar.
    P’ Guru

  4. Pak kalau ada ulangan, soalnya yang ada di WEB
    //awidyarso65.wordpress.com…… !!!!!!!!
    Dan soalnya jangan susah2x………..!!!!!!!!!!!

    Kansa,
    Soalnya Nggak susah ……….
    Yang susah adalah membuat agar kita berkemauan belajar. Bersemangat belajar untuk memperoleh nilai yang dicitakan. Tidak ada yang susah kalau kita mau belajar.
    Selamat belajar ya…..
    Kamu anak yang rajin….. pasti bisa.
    P’ Guru

  5. Pak kalau mau ulangan soal nya ada di internet dong kan lumayan biar tau duluan soal nya ……..

    Shita,

    Kalo mau ulangan so pasti soalnya akan pak guru “drop” ….. atau tidak ditampilkan.
    Kalo ditampilkan bocor dong namanya. Kan nggak adil buat yang nggak punya akses ke internet.
    Yang penting pelajari yang menjadi bahan ulangan dan latihan soal-soal yang ada di ahir tiap pokok bahasan yang mau dijadikan ulangan. Pasti kalau belajar bisa ! Apalagi Shita ! Kamu termasuk siswi pak guru yang pandai kog ! Tapi jangan lupa belajar lho !
    Selamat belajar ya ….
    P’ Guru

  6. Pak Ardy , kalau ulangan jangan susah – susah dong……..
    kalau bisa pilihan ganda semua ya , please………..

    Ya…. kalau belajar nggak ada yang susah dech !
    Belajar ya ….

  7. pak guru kapan2 ada quiz klas 6 skarang lawan klas 6 yang dulu biar lebih seru

    Oke siapkan saja dan belajarlah dulu….
    P’ Guru

  8. pak,saya skrng dah bisa bk web pak guru lho!Asyiiiiiik bngt!Pak,gmna carax klo mo punya encarta kids `n encarta 2007?

    Segini aja ya pertanyaan Qu…..

    Salam,sheila yg cant!k and 1m0et…….

    Sheila yang cantik,
    Teruskan belajar dan berprestasi ya…..
    Encarta bisa minta papa mu ….. bilang pa belikan encarta enciclopaedia donk buat belajar….
    Pasti dibelikan dech.
    P’ guru

  9. Pak,klo mau liat soal2 kls 6 yg lengkap dimana sich?Terus klo mau beli encarta di mana?Soalx qu pengen bli skrng,cuman papa lg combus di Afrika…

    Sabar tunggu papa mu pulang……
    Kan dah dibeliin to ? Encarta yang 2009 lagi …..
    Have your nice day on encarta searching …..
    P’ Guru

  10. Halo pak, aku Afif Blognya tambah bagus aja =) Aku juga punya blog tapi blogspot. blogku ngak sebagus pak ardy. Ngomong-ngomong cerita Smaradhana yang dewa dan dewi cinta kok belom ada ? Kalo udah ada kasih tau akuya =)

    Salam,
    Afif

    Ya….. okey …….

  11. Pak guru, namanya dewa cinta tuh sypa??
    kalo dewi cinta itu khan dewi ratih….

    Kamajaya ….. kalau di India Rama dan Shinta.
    Tunggu ceritanya….di web ini….
    Sabar donk.

  12. knapa gak ada soal penjajahan dunia ?

    Belum dimasukkan …… tunggu ya.

  13. pak, nanti kalau bikin soal tuk kita jangan yang susah bingung.

    • ้ไฟ้ฟ้ไฟ หีหฟ้ ้ฟพีห หีหฟ้ เฟเ ิส้ เฟทยฟืเ ้ไฟ้ไฟ้ฟ้ไ

      • ih ulangan ips bener2 susah………

        Biasanya kalau susah karena kurang persiapan…..kurang persiapan berarti belajarnya kurang atau tidak efektif …. ngalamun kah atau tidak belajar ….. cuma buka buku tetapi pikirannya tertuju pada hal lain…..

  14. p’guru kls 6 itu pelajarannya kayak apa,susah nggak?
    trus p’guru klo ulangan jangan bikin susah2 ya kan pusing belajarnya

    @@@@Rosi@@@@@@

  15. p’guru jawab kah oh ya pliss ya klo ada ulangan jgn susah2 p’guru baik deh bye
    bls ya

  16. pa’ guru tu kalo kasih soal ulangan jangan susah2 dong yg gampang aja……

  17. pak gag usah percaya tuh orang haahaa kasih soal yg susah bgt aja ya pak… hehee… kan gwl kan supaya tambah pinterrrr

  18. pa guru …
    mskin soal kls 7 kh ????
    okok
    :)

  19. aduh terima kasih banyak atas materi yang ada di blogny bagus-bagus materinya jadi sy tidak bingung lagi mengajarrrrrrrrr

    Alhamdullilah…..
    Semoga membawa manfaat.
    Amin.

  20. pak GuRu NIiiiiiii KsH Kt TTS KeLaS 6C PlnG BnYK

    SmPe z otAK Ta pUtaR Niiiiiiiiiiiiii………..

  21. Pak, gimana klw kita persentasi tentang kerajaan di Indonesia ???

    Okey …..
    Setuju …. tapi siapkan ya….

  22. Kok cuma ini pak …mana TTS yang lainnya ?

    Untuk kelas V dan kelas VI saja….yang lainnya menyusul …. masih sangat sibuk…
    Sabar ya….

  23. is gampang bangat soal ips bab 8-b

    • betul tuh

  24. kok sekarang nilai IPS ku jelek banget ya ada yg punya solusi gak?

  25. Pak,,ijin dunlud yach..
    makace sebelume,,keren bgt.. two thumbs dech..

    Silahkan ….

  26. benua afrika dan asia di hubungkan oleh laut ?

    Merah ……

  27. Pak izin copy ttsnya, untuk pembelajaran di sekolah. Salam dari Hariyanto SDN Sentul i Blitar

    Silahkan Mas …..monggo …..

    Ardy


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: